Cari Blog Ini

Minggu, 11 September 2011

kucang-kucang / palla-palla / Pengerek Batang Padi Putih(Tryporyza innotata)


Dalam seminggu ini dikampungku lagi happening banget dengan yang namanya kucang-kucang, sebuah nama untuk serangga Pengerek Batang Padi berwarna Putih, kayaknya nich serangga sesuatu banget dech,,, 


Nah setelah browsing2 dapatlah artikel serangga tersebut, bahasa latinnya adalah Tryporyza Innotata. Tryporyza innotata dinamakan pengerek batang padi putih karena ngegatnya berwarna putih. Dahulu hama ini dikenal hama yang menghuni hamparan sawah tadah hujan. Hama ini dominan didaerah tadah hujan karena hama ini mampu berpuasa 3 sampai 6 bulan pada saat tanah sedang kering dan tidak ada tanaman padi. 


Hama ini mulai menyerang rumah2 penduduk, karena padi2 disawah mulai dipanen, jadi hama tersebut kehilangan tempat tinggal dan mulai beterbangan kerumah2 penduduk pada malam hari. hama ini akan berkumpul di sekitar sumber cahaya ataupun dijalanan, jadi ketika berkendara motor pada malam hari, maka siap2lah untuk membawa oleh2 rasa gatal dimuka dan leher. hehehehehe.... nah, selain kotor, gangguan serangga kupu-kupu putih tersebut juga menimbulkan rasa gatal, sehingga sangat terganggu dan dibuat  tidak nyaman akibat serangga tersebut. Tiap akhir musim panen, serangga serupa biasa beterbangan, tetapi kali ini jumlahnya jauh lebih besar daripada biasanya. serangga tersebut berasal dari organisme pengganggu tanaman jenis penggerek batang yang meletakkan telur di daun secara berkelompok dan sepekan kemudian akan menetas menjadi ulat dan seterusnya menjadi kepompong dan kemudian menetas menjadi kupu-kupu putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar